Tentang Pernikahan

Tentang pernikahan……
Mayoritas orang berfikir menikah adalah tentang bunga-bunga indah yang bermekaran dan menebar keharuman setiap harinya. Padahal yang sesungguhnya, ada duri-duri kecil dan tajam yang ada dibalik itu semua. Tinggal bagaimana kita melihat duri-duri itu. Menganggapnya sebagai sesuatu yang menguatkan dan menjaga kita, atau justru sebagai sesuatu yang dapat melukai.

Tentang pernikahan……
Sebagian dari mereka berfikir dengan mudah untuk menjalaninya saja dan mengikuti arus yang ditentukan Tuhan sebagai sang sutradara kehidupan, tanpa perbekalan, tanpa persiapan. Namun ketika ujian datang, mereka menyalahkan Tuhan, menganggap Tuhan tidak menyayanginya. Padahal sesungguhnya menikah membutuhkan persiapan yang sangat banyak dan matang. Tuhan memberikan kita banyak pilihan, jika pada akhirnya kita salah dalam menentukan pilihan, jangan menyalahkan takdir Tuhan. Karena setiap pilihan yang diberikan ada konsekuensi yang harus kita tanggung. Ibarat menjawab soal, jika salah konsekuensi dapat nilai buruk, benar dapat nilai bagus. Maka dari itu jangan memilih pilihan yang salah.
~Mana kita tahu kalau itu pilihan yang benar atau salah?~
Untuk itulah persiapan, ilmu dan bekal yang cukup dalam berbagai aspek sangat kita perlukan agar kita tidak salah dalam menentukan pilihan, baik tentang siapa, kapan dan bagaimana. Dan yang pasti selalu libatkan Allah dalam berdiskusi akan pilihanmu. Ibarat kamu milih makanan tanpa diskusi dengan saya, ketika makanannya tidak enak kamu menyalahkan saya. Ya jelas saya tidak mau disalahkan atas kesalahan yang bahkan saya tidak terlibat di dalam memilihnya. Dan mungkin bisa juga saya akan marah. Lalu apa, saya jadi males menanggapimu lagi. Bisa terapkan itu pada Allah??

Tentang pernikahan……
Kebanyakan orang hanya berfikir tentang senyum-senyum indah, perjalanan-perjalanan menyenangkan, dinner-dinner romantis, dan kebaperan-kebaperan yang selalu mereka lihat nampak begitu manis dari sebuah layar kehidupan. Padahal sesungguhnya yang akan mereka temui adalah masalah-masalah kecil yang mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya. Tentang perbedaan, tentang ketidakpekaan, tentang kecemburuan, tentang buruknya kebiasaan atau mungkin tentang kacaunya pembagian peran. Hal-hal kecil yang sama sekali tak kita dapat ilmunya dari bangku sekolah tapi sebenarnya dari sinilah masa depan akan ditentukan. Bukan hanya masa depan sebagai pasangan, tapi juga sebagai orang tua.

Kelak teka-teki tentang bahtera yang kamu sebut pernikahan ini akan kamu temukan jawaban-jawanannya saat engkau benar-benar telah berani menarik jangkar yang selama ini menahanmu dan mulai mengayunkan dayung untuk kemudian mantap meninggalkan daratan. Tentang seberapa dalamnya lautan, tentang seberapa luasnya medan, tentang seberapa besarnya badai yang akan menghadang. Satu persatu akan kamu temui rintangan-rintangan itu, dan perlahan tapi pasti kamu akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan kegelisahan yang selama ini hanya menjadi sebatas kemungkinan bagimu. Semakin jauh kamu meninggalkan daratan, semakin kuat kamu mengayunkan dayung, semakin banyak dan besar pula rintangan yang harus kamu taklukkan.

Tentang pernikahan…..
Meskipun begitu janganlah terlalu takut akan sesuatu yang bahkan belum kamu coba untuk jalani. Karena bisa jadi yang akan kamu temui adalah biru dan tenangnya lautan, kemerahan dan syahdunya senja, atau mungkin hamparan-hamparan keindahan yang membuatmu bisa bersyukur setiap detiknya. Bersyukur karena engkau dibersamakan dengan seseorang yang tepat, yang mampu memegang kemudi dengan baik, mampu memilihkan waktu terbaik untuk berlayar dan terhindar dari badai, dan tentunya mempunyai tujuan yang jelas kemana akan membawa para penumpangnya.

Tentang pernikahan…..
Tentang keindahan dan kemisteriannya….
Jika kamu merasa takut untuk memulai, maka yang kamu harus lakukan adalah memulainya. Karena satu-satunya cara mengalahkan ketakutan adalah dengan menghadapinya.

Jika kamu merasa siap memulai namun jodoh belum juga tiba. Periksalah lagi diri kita, barangkali ada hal-hal yang masih ingin Allah persiapkan untuk membuatmu benar-benar siap dan kuat mengarungi bahtera rumah tangga. Barangkali lautan sedang tak bersahabat untuk kau sebrangi sekarang. Atau barangkali Allah ingin agar engkau berusaha menjadi lebih baik lagi, karena Allah sudah menyiapkan sosok terbaik yang hanya akan Dia berikan untuk orang-orang yang mau berjuang. Berjuang memantaskan diri. Dan barangkali Allah sedang menguji selayak apa engkau untuk sosok terbaik itu, sesabar apa, seikhlas apa, karena Dia punya waktu terbaik-Nya memberikan apa pada siapa di waktu kapan. Yang harus kita lakukan adalah yakin.

Jika engkau sudah menikah dan sedang berada dalam fase sedih, galau, kecewa, fase-fase beradaptasi dengan dunia baru, orang baru, kebiasaan dan kehidupan baru. Fase-sase sulit karena engkau sedang benar-benar merasakan bagaimana menghadapi kekurangan-kekurangan atau perbedaan-perbedaan dari pasangan kita yang terkadang membuatmu ingin sekali menyerah. Ingatlah satu hal, bahwa kalian melangkah bukan untuk saling menenggelamkan, melainkan saling menguatkan. Kalian bersama bukan untuk saling berlomba menjadi pemenang melainkan untuk bergandengan dan bersama-sama mencapai garis finnish. Maka yang harus kalian persiapkan dari awal adalah tujuan yang sama, rute yang sejalan, dan kerja sama yang harus kalian rancang dengan baik dan matang.

Dan ingatlah satu hal, setiap pasangan pernah merasakannya, merasakan kesedihan yang sama, kekecewaan dan kegalauan yang sama, hanya mungkin kadar dan intensitasnya yang berbeda. Lalu mengapa mereka bisa kuat sementara kamu merasa tidak? Mereka hanya punya cara terbaik menaklukkan perasaan mereka, mengelola ego dan menyimpannya agar tak menjadi konsumsi publik, dan yakin bahwa esok semua akan berlalu seperti mimpi semalam. Dan kamu juga bisa melakukannya😊

Tentang pernikahan…..
Perbedaanlah yang menjadikan kita berwarna
Masalahlah yang memberi tahu kita rute menjadi dewasa
Dan ujianlah yang memupuk kita tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang kuat dan bermanfaat
Maka biarkan mereka menjadi bumbu-bumbu kehidupan yang nantinya mampu membuatmu lebih menikmati hidup.
Jangan lupa bersyukur💕


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s